Materi Bab 1


   Komunikasi data

BAB I Pengenalan komunikasi data


Komunikasi data adalah transmisi data elektronik melalui beberapa media, di mana media tersebut dapat berupa coaxial cable, twisted pair, fiber optic, wireless dan lain-lain. Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data disebut jaringan komunikasi data.

Fungsi sistem komunikasi data :
·        dapat memberikan informasi kepada orang yg tepat dalam waktu yg tepat
·        dapat memungkinkan orang dan bisnis untuk berkomunikasi meskipun lokasinya berlainan
·        dapat mengolah data bersamaan dengan diterimanya data

Bentuk Komunikasi
Macam-macam komunikasi yang ada :
1. Komunikasi Suara
Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan. Contoh dari komunikasi suara adalah :
1. Komunikasi siaran radio (Radio Broadcasting)
2. Komunikasi radio amatir
3. Komunikasi radio dua arah
4. Komunikai radio antar penduduk (Citizen Band)
5. Komunikasi telepon
2. Komunikasi Berita dan Gambar
Merupakan komunikasi berupa informasi berita tertulis ataupun gambar. Gambar yang dikirim berupa gambar hidup (video) ataupun gambar diam (statis).
Contoh dari komunikasi berita dan gambar adalah :
a. Komunikasi telegraf
b. Komunikasi telex
c. Komunikasi faximile
d. Komunikasi siaran televisi
3. Komunikasi Data
Merupakan komunikasi berupa data yang dikirimkan melalui saluran komunikasi.
Adapun yang dikirimkan dapat berupa : berita / informasi (data), suara (audio) dan gambar (video).

Komponen Sistem Komunikasi
Komponen sistem komunikasi yang utama adalah sebagai berikut :
1. Pengirim (Tranceiver)
Pihak yang mengirimkan informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.

2. Media Transmisi
Media yang digunakan untuk menyalurkan (mengirimkan) ketempat tujuan (penerima), misalnya saluran fisik (kabel), udara dan cahaya.


3. Penerima (Receiver)
Pihak yang menerima informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah menerima berita atau informasi yang dikirimkan oleh pengirim berita.


Tujuan utama dari komunikasi : menyampaikan informasi dari 1 sumber ke sumber lain secara tepat dan cepat.
Berdasarkan cara penyampaian informasinya, bentuk komunikasi terbagai atas 2 macam, yaitu :
1. Komuniksi dari titik ke titik (point to point communications)
Informasi yang disampaikan oleh pengirim hanya diberikan kpada 1 penerima saja. Contohnya : telepon, telex, faxcimile, pager.
2. Komuniksi dari 1 titik ke segala arah (broadcast communications)
Informasi yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima oleh siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. Contohnya : komunikasi siaran radio dan televise

Cara kerja sistem komunikasi data sederhana :
·         Berdasarkan gbr yg ada, sistem komunikasi data meliputi komputer atau terminal yg bertindak sebagai pengirim, modem, kabel penghubung, peralatan pengubah telepon, fasilitas saluran pertukaran, penerima (komputer host dan terminal).
·         Komputer dan terminal digunakan untuk memasukkan informasi. Alat tsb berupa terminal yg ditempelkan ke mikrokomputer atau mainframe atau mikrokomputer dgn keyboard and printer atau mesin fax atau alat masukan yg lain.
·         Kabel penghubung in the picture menghubungkan pengirim ke modem. Kabel tsb dpt berupa coaxial cable, fiber optics, etc.
·         Modem mengubah digital signal dr komputer atau fax ke analog signal sehingga peralatan pengubah telepon dpt menerimanya. Sinyal ini kemudian diteruskan ke fasilitas pengubah dan pengendali dr perusahaan telepon.
·         Dari fasilitas pengubah dan pengendali,  modem pada receiver akan mengubah kembali analog signal ke digital signal untuk diteruskan ke komputer host atau terminal untuk memproses pesan/informasi yg dikirimkan. 


Figure 1.1. Sistem komunikasi data sederhana

Jaringan komunikasi data
Jaringan adalah seri dr beberapa point yg dihubungkan oleh beberapa jenis saluran komunikasi. Jaringan komunikasi data merupakan kumpulan sirkuit komunikasi data yg dikelola sebagai kesatuan tunggal.  Kumpulan jaringan komunikasi data, org yg memasukkan data, yg menerima data dan yg mengelola dan mengendalikan jaringan, membentuk sistem komunikasi.

Kriteria utama dr jaringan komunikasi data untuk dapat berjalan dengan baik:
1.   Performance : jaringan komunikasi data dpt menghantarkan data dengan tepat waktu, di mana performance diukur dengan waktu respon jaringan. Waktu respon jaringan hrs sesuai dengan apa yg dikehendaki oleh user. Faktor yg mempengaruhi waktu respon adalah jumlah pemakai dlm sistem tsb, kecepatan transmisi, jenis media transmisi dan jenis hardware/software yg digunakan.
2.   Consistency & Reliability : Data yg ditransmisikan hrs tepat, konsisten dan dpt diandalkan sehingga user yakin akan informasi yg dihasilkan.
3.   Recovery : Jika mengalami kegagalan, jaringan hrs dapat segera dipulihkan kembali ke tingkat operasi yg ditentukan sehingga kerusakan yg ditimbulkan seminim mugkin.
4.   Security : Pengaksesan data harus dilindungi dr pihak-pihak yg tidak berkepentingan olehnya keamanan jaringan perlu dilakukan dengan sebaiknya.

Contoh jaringan komunikasi yg sering digunakan adalah jaringan komputer atau computer networks. Sebuah jaringan komputer dapat menyediakan media komunikasi yang sangat kuat di antara orang-orang yang terpisah jauh

Videotext : kemampuan terjadinya transmisi dua arah antara televisi atau komputer dalam rumah dengan perusahaan di luar rumah. Contoh : online banking, email, online video game.

Satelit : dengan menggunakan receiver and transmitter TV satelit rumah, kita dapat berkomunikasi dengan org lain melalui disk satelit yg ditempatkan pada propertinya. Antena ini dapat menerima dan mengirimkan suara atau data ke bagian dunia lain dengan merelay-nya ke satelit lain yg mengorbit bumi. For example, GPS.

Video teleconferencing : aplikasi ini memungkinkan org yg bertempat di lokasi yg berbeda dapat ‘mengikuti’ meeting dalam format suara dan gambar.

Telecommuting : Aplikasi ini memungkinkan pekerja untuk melakukan pekerjaan kantornya di rumah.


--oo0000oo--

0 komentar:

Posting Komentar